Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail)

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Setelah beberapa waktu lalu kita sudah mengetahui tentang pengertian dari email dan fungsi kegunaannya, kali ini MAKINTAU.com akan memberikan tutorial tentang cara membuat akun Gmail, atau membuat email dengan layanan Google Mail atau Gmail.

Sekedar pengetahuan saja, Gmail adalah layanan email gratis milik Google. Gmail pertama kali diluncurkan dalam versi Beta pada 1 April 2004 dan tersedia untuk layanan publik pada tanggal 7 Februari 2007 meski masih menggunakan versi Beta. Kemudian pada 7 Juli 2009 layanan ini tidak lagi Beta.

Fitur-fitur Gmail

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Cara Mendaftar Gmail

Untuk mendaftar dan membuat akun di Gmail itu sangatlah mudah, anda hanya perlu mengunjungi alamat berikut mail.google.com

1. Pada halaman utama, klik "Buat Akun" atau "Create an Account". Seperti pada gambar dibawah ini :

Buat Akun Gmail

2. Setelah itu, anda akan di arahkan ke halaman formulir, disana anda isikan sesuai dengan data-data valid yang anda miliki seperti nama lengkap, tanggal lahir, password dan lain-lainnya. Jika sudah, lalu klik "langkah berikutnya".

Langkah Berikutnya

3. Lalu anda akan diminta untuk memasukkan foto profil, anda bisa melewati langkah ini untuk mempercepat pembuatan akun.

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail)

4. Pada halaman selanjutnya, langsung saja anda klik "Lanjutkan ke Gmail".

Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail)

5. Selesai, anda akan masuk ke halaman akun Gmail anda. Anda langsung dapat menggunakan alamat email tersebut untuk mengirim dan menerima email secara Gratis dari Google. Kira-kira seperti ini tampilan inbox anda.

Klik Untuk Memperbesar

Selanjutnya, ikuti Tur untuk mengetahui fitur-fitur pada email tersebut.

Mudah bukan? Jika anda suka dengan artikel ini jangan lupa untuk share ke Facebook, Twitter, atau Google+ ya. Semoga bermanfaat untuk anda.