Cara Membuat Blog di Blogspot

Bantu kami membuat situs ini menjadi lebih baik.

Dengan menonaktifkan AdBlock atau aplikasi-aplikasi sejenis yang mampu memblokir iklan, kamu sudah membantu kami untuk tetap membuat konten-konten di website ini terus update.

Untuk selengkapnya, baca artikel kami berikut ini: Suka Artikel Kami? Tolong Matikan AdBlock Anda Untuk Makintau

Blog adalah sebuah aplikasi web yang digunakan untuk menulis tentang aktifitas sehari-hari dari penulis atau pemilik blog itu sendiri. Meski sekarang ini fungsi blog sendiri sudah tidak seperti yang disebutkan di atas tadi, namun sekarang fungsi itu sudah berubah dan blog saat ini lebih cenderung berfungsi layaknya sebuah website.

Saat ini, banyak sekali penyedia layanan blog yang dapat di gunakan secara gratis, salah satunya adalah Blogspot atau Blogger. Blogspot adalah sebuah layanan blog gratis yang di ciptakan Pyra Labs yang kemudian di akusisi oleh Google pada tahun 2003 lalu.

Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Jadi alamat blog yang anda gunakan kurang lebih akan menjadi namablog.blogspot.com. Karena di host oleh Google, maka kita sebagai pengguna harus patuh dan taat terhadap kebijakan yang di berikan oleh Google. Jangan sampai blog yang kita buat di depak oleh Google lantaran kita menyalahi aturan yang ada.

Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot?

Untuk membuat blog di Blogspot, kita hanya perlu memiliki email aktif. Yang paling saya rekomendasikan adalah email dari Gmail, karena dengan kita membuat akun Gmail secara otomatis kita akan mendapatkan seluruh akses ke semua produk yang dimiliki oleh Google, termasuk Blogspot. Langsung saja kita masuk pada langkah yang pertama,

1. Pertama, anda harus membuat email di Gmail. Untuk cara membuatnya, lihat artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Email di Google Mail (Gmail).

Jika anda sudah punya akun Gmail, lewati saja langkah ini, dan langsung menuju ke langkah berikutnya

2. Pergilah ke alamat Blogspot, yaitu di www.blogger.com. Setelah itu anda masuklah dengan alamat email dan password Gmail anda.

3. Setelah anda login, pada halaman selanjutya klik "Lanjutkan ke Blogger".

Buat Akub Blogger Baru

4. Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman depan (dasbor) blogger. Disana akan ada tulisan "Ciptakan blog Anda, Anda belum punya blog apa pun, buat satu sekarang juga dan mulai tulis pos Anda! Blog Anda tidak terlihat?". Dari situ anda klik "Blog Baru" untuk membuat blog baru.

Buat Blog Baru

5. Selanjutnya, anda akan menjumpai form untuk membuat blog baru anda. Isi semua sesuai dengan keinginan anda. Lalu klik "Buat Blog!"


Keterangan:

  1. Isi Judul Blog Anda
  2. Isi alamat blog yang ingin Anda gunakan
  3. Pilih template kesukaan anda
  4. Lalu klik "Buat Blog!"

Pastikan bahwa alamat blog yang ingin anda gunakan tersedia! jika tidak tersedia, carilah alamat blog yang masih tersedia.

6. Setelah itu, blog anda berhasil di buat. Selanjutnya anda bisa membuat artikel, mengedit template bahkan anda bisa mendapatkan uang dari blog anda dengan mendaftar ke Google AdSense.

Cukup mudah bukan untuk membuat blog di Blogspot? Jangan lupa jika anda suka dengan artikel ini, bagikan artikel ini dengan cara klik pada tombol share di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat untuk anda, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.